Apple Sengaja Memperlambat

Beberapa bulan yang lalu Apple baru saja merilis iOS versi terbaru. iOS merupakan sistem operasi yang digunakan pada iPhone. Banyak pengguna iPhone model lama merasakan bahwa smartphonenya mengalami penurunan kinerja. Futuremark, sebuah perusahaan sofrware development mengatakan bahwa mereka telah melakukan uji coba dengan menggunakan ratusan ribu iPhone sebagai subyeknya. Data dari pengujian tersebut menjelaskan bahwa sebenarnya penurunan kinerja yang terjadi tidak dilakukan dengan sengaja oleh pihak Apple. Kinerja GPU tetap konsisten dengan menggunakan iOS terbaru yaitu iOS 9.

Namun memang ada penurunan kinerja pada CPU nya, dan ini disebabkan karena pembaharuan pada iOS. Akan tetapi tidak mungkin Apple dengan sengaja melakukan penurunan kinerja smartphone, karena tidak mungkin Apple terus menerus memperhatikan penggunaannya secara regular. Memang ada suatu area yang mungkin akibat pembaharuan iOS menyebabkan penurunan kinerja, yaitu semakin bertambahnya fitur pada iOS terbaru yang membuat semakin banyak proses yang harus dilakukan, hal tersebut membuat iPhone model lama akan menjadi lebih lambat.

Walaupun begitu akhirnya Apple pun mengakui bahwa mereka sengaja menurunkan performa iPhone lama. Mereka menjelaskan bahwa penurunan kinerja tersebut harus dilakukan untuk mencegah iPhone dengan baterai lama mati mendadak dan hal tersebut dilakukan untuk melindungi kualitas baterai lithium pada iPhone lama yang berusia 1 tahun ke atas. Tentu saja pemain judi online banyak yang menggunakan smartphone keluaran Apple sehingga informasi seputar hal ini akan sangat membantu dan menambah wawasan mereka.

Padahal selama ini iPhone dikenal sebagai salah satu smartphone yang memiliki performa yang baik dan juga cepat. Dan sebenarnya masalah penurunan kinerja iPhone lama setelah melakukan update iOS terbaru terungkap setelah seorang pengguna Reddit mengeluh karena iPhone 6s terasa lambat setelah update. Dan ketika dilakukan tes Benchmark, skor yang dihasilkan sangat rendah. Bahkan skor tersebut berbeda dengan skor iPhone 6s ketika pertama kali dirilis oleh Apple. Setelah mencoba berbagai macam hal, pengguna Reddit ini berhasil mengatasi permasalahannya setelah mengganti baterai iPhone 6s dengan baterai yang baru.

iPhone 6s Menjadi Lambat

Bayangkan saja, apabila pengguna Reddit ini tidak mengeluh di internet, kemungkinan masalah ini tidak akan terdeteksi dan Apple tidak akan mengakui kesalahannya. Meski dengan mengganti baterai permasalahan dapat diatasi, namun tetap saja bagi pengguna Apple mereka merasa dirugikan dan ini adalah hal yang tidak adil bagi mereka. Tentu saja artinya bahwa pengguna iPhone lama harus mengeluarkan uang ekstra agar iPhone mereka dapat bekerja dengan baik. Padahal di Indonesia harga spare part iPhone tidaklah murah, bahkan mungkin lebih baik mengganti iPhone lama mereka dengan smartphone baru.

Gugatan terhadap Apple dilayangkan pertama kali oleh Stefan Bogdanovich dan Dakota Speas dalam gugatan class action di California pada 21 Desember 2017 lalu. Bogdanovich dan Speas mengklaim bahwa Apple tidak berhak menurunkan performa iPhone lawas mereka dan agen sbobet secara sepihak dan tidak meminta izin terlebih dahulu. Padahal keduanya memiliki iPhone 7 yang tergolong baru dan belum begitu lama keluar. Namun mereka tetap merasakan gangguan ketika menggunakan iPhone mereka karena performa iPhone mereka diperlambat secara sengaja oleh Apple.

Dalam pengakuan Apple terkait penurunan kinerja iPhone lawasnya, mereka juga menyebutkan bahwa baterai lithium ion iPhone lama tidak bisa memberikan daya yang cukup untuk menghasilkan performa terbaik pada kondisi smartphone yang dingin. Apple sudah menyematkan teknologi yang mampu memperlambat kinerja smartphone mereka di iPhone 6, iPhone 6s, iPhone SE dan dikatakan bahwa Apple juga akan memasukkan fitur itu di iPhone 7 pada iOS 11.2. Memang menarik menyaksikan info seputar iPhone karena Apple dikenal sebagai perusahaan raksasa yang cukup sukses secara global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *